Tugas ke 3 ( Membuat tulisan ringkasan materi tugas ke-1 dan ke-2 )

Pada tugas yang ke tiga ini saya membuat tulisan yang berkesinambungan dan menarik yang berisi ringkasan materi dari tugas ke 1 dan ke 2 .

TUGAS 1 :

PENGERTIAN, PRINSIP-PRINSIP, DAN PERBEDAAN ANIMASI

A. Pengertian Animasi.

Animasi berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara halus dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.

Jadi Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu :

  1. Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.
  2. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.

Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Dengan diintergrasikan ke media lain seperti video, presentasi, atau sebagai bahan ajar tersendiri animasi cocok untuk menjelaskan materi-materi pelajaran yang secara langsung sulit dihadirkan di kelas atau disampaikan dalam bentuk buku. Sebagai misal proses bekerjanya mesin mobil atau proses terjadinya tsunami.

Kemudian juga terdapat prinsip-prinsip dasar animasi diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Jenis-jenis animasi .

Dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yanng ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu :

Animation stop-motion ( Stop motion animation )

Animation Tradisional (  tradtional animation )

Animation komputer ( Conputer graphics animation )

Dari sisi fungsi penggunaan software animasi dapat dikelompokkan menjadi Software Animasi 2 Dimensi dan Software Animasi 3 Dimensi. kemudian

Setelah itu juga terdapat 12 prinsip utama pada animasi diantaranya yaitu :

  1. Timing (waktu ) , Ease In dan Ease Out (Percepatan dan Perlambatan), Arcs (Lengkungan), Follow Through and Overlapping Action (Gerakan penutup sebelum benar-benar diam), Secondary Action (Gerakan Pelengkap), Squash and Strecth (Kelenturan suatu objek), Exaggeration (Melebih-lebihkan), Straight Ahead and Pose to Pose, Anticipation ( Gerakan Pendahulu ), Staging (Bidang Gambar), Personality (Penjiwaan Karakter), Appeal (Daya Tarik Karakter).

Sumber :

https://animasikuu.wordpress.com/topik/animasi-stop-motion-2/pengertian-stop-motion/

https://anazdesign.wordpress.com

http://suggyjunivans.blog.widyatama.ac.id/2014/06/14/selamat-menulis/  http://www.academia.edu

 

TUGAS 2 :

Pada tugas yang ke 2 ini kita membuat ringkasan dan materi yang di tonton.

Jadi Berikut ini adalah ringkasan materi dari animasi yang kami tonton adalah tentang

Naruto Shippuden

          Naruto Shippuden adalah sebuah seri anime yang diadaptasi dari bagian II manga Naruto. Serial ini disutradarai oleh Hayato Date dan diproduksi oleh Studio Pierrot dan TV Tokyo. Pada bagian ini, pergerakan organisasi Akatsuki semakin terlihat. Naruto Shippuden juga telah dibuat versi movie-nya dengan judul Naruto Shippuden The Movie yang dirilis di Jepang pada Agustus 2007. Film ini menceritakan tentang usaha ninja jahat dalam membangkitkan Mouryou, roh jahat yang telah dikalahkan 20 tahun yang lalu. Setelah Naruto Shippuden The Movie dirilis, hadir pula Naruto Shippuden The Movie 2: Bond. Film ini menceritakan serangan kelompok ninja dari Negara Langit kepada Konoha. Kemudian Naruto Shippūden The Movie 3: Inheritors of the Will of Fire. Di sini diceritakan Konoha dituduh sebagai dalang penyebabnya para ninja dengan Kekkei Genkai menghilang dari Sunagakure, Kirigakure, Kumogakure dan Iwagakure. Di Indonesia, Naruto Shippuden sempat ditayangkan di Indosiar dan saat ini ditayangkan di Global TV.

          Anime ini menceritakan kisah lanjutan dari Naruto. Naruto kini telah beranjak dewasa begitu juga dengan teman – temannya. Naruto yang baru pulang dari latihannya bersama jiraiya pergi ketempat Tsunade dan bertemu dengan Sakura. Tsunade menyuruh mereka berdua untuk bertarung bersama Kakashi untuk mengukur seberapa jauh mereka berlatih dengan guru masing – masing.

           Kakashi mengetes mereka sama seperti waktu pertama bertemu yaitu merebut lonceng. Sakura dan Naruto jauh lebih kuat dibandingkan yang dahulu. Sakura yang dahulunya penakut dan lemah berubah menjadi mengerikan ketika bertarung, dengan sekali pukulan dia dapat menghancurkan tanah seluas satu hektar. Sedangkan Naruto kini lebih lihai dalam penyamaran dengan membuat bayangan/bunshin.

        Biasanya Kakashi yang tidak serius bertarung dengan mereka kemudian berubah, mereka tidak bisa di remehkan lagi. Berbagai Taijutsu, Ninjutsu dan Genjutsu yang dilontarkan Kakashi dapat dilewati oleh mereka. Jiraiya, Tsunade dan asistennya Shizune hanya bisa mengamati mereka dari atas pohon.

          Lanjut pada pertarungan Kakashi, Naruto dan Sakura. Naruto dan Sakura sadar bahwa betapa kuatnya Kakashi mereka menyimpulkan bahwa Kepintarannya melebihi Shikamaru, Taijutsunya melebihi Rock Lee, Penciumannya melebihi Kiba, dan Sharingannya melebihi Sasuke. Dan mereka berdua membuat rencana agar dapat mengambil lonceng itu.

            Naruto dan Sakura sudah tau kelemahan Kakashi, bahwa dia tidak bisa tenang kalau tidak bisa habis membaca buku yang baru Jiraiya buat. Mereka berdua pergi ketempat Kakashi dan menyeritakan kisah akhir dari buku itu, Kakashi yang tidak kuat lalu menutup telinganya dan lonceng itu dapat direbut Naruto dan Sakura.

Sumber :

http://qu-anime.blogspot.co.id/2015/08/sinopsis-lengkap-anime-naruto-shippuden.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s