Komponen-komponen komputer

 Komponen-Komponen Komputer Beserta Fungsinya.

Pengertian dari komponen – komponen komputer komponen komputer merupakan bagian yang ada di dalam komputer itu sendiri. Ketika anda menggunakan komputer jenis desktop atau laptop, mungkin anda belum mengenal dengan baik komponen-komponen yang ada di dalam serta diluar dan bagaimana semua itu bekerjanya. Di artikel ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai komponen komputer yang dapat anda lhat atau sentuh, disebut dengan hardware atau perangkat keras.
komponen komputer bisa dikategorikan menjadi dua macam, yaitu utama dan tambahan. Kategori pertama mutlak diperlukan agar sebuah komputer bisa menyala atau berfungsi. Sedangkan yang kedua, biasa disebut sebagai peripheral, sifatnya sebagai pelengkap saja atau untuk menambahkan sebuah fungsi-fungsi dari komputer tersebut.
System Unit merupakan bagian inti dari sebuah komputer. Disebut dengan otak komputer dan biasanya mempunyai bentuk berupa kotak persegi panang yang ditempatkan di samping komputer atau di bawah komputer anda. Komponen komputer ini juga terdapat di dalam laptop atau notebook, namun keberadaannya tidaklah sebesar komputer desktop dan berada langsung di body laptop atau notebook itu sendiri.

 Berikut komponen komputer utama dengan fungsi-fungsinya :

Pertama Motherboard, sebagai tempat menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Fungsinya adalah menghubungkan setiap komponen, agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.
Kedua Processor, diibaratkan seperti otak manusia, yang berfungsi untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau lain sebagainya.
Ketiga RAM (Random Access Memory), berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random.
Ke empat Video Card, berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor.
Kelima Sound Card, sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara dan menyediakan port-port inputan dan outputan. Sound card biasanya telah disediakan secara onboard di motherboard-motherboard baru yang ada di pasaran saat ini, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli sebuah sound card.
Keenam Hard Disk, berfungsi untuk menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk, maka semakin banyak data yang bisa disimpan.
Ketujuh Optical Disc Drive, berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya, berfungsi untuk meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD.
Kedelapan Monitor, berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card.
Ke sembilan Mouse, berfungi untuk mengarahkan pointer pada layar monitor komputer Anda.
Kesepuluh Keyboard, merupakan suatu alat yang biasanya diletakkan di depan layar komputer dan fungsinya sebagai penginputan data dari luar dengan cara diketikkan pada keyboard.
Kesebelas Power Supply, berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.
Keduabelas Casing, berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.

• Kemudian Adapun komponen komputer tambahan yang saya ketahui (peripheral) antara lain :
LAN Card
Modem
TV Tuner
Printer
Scanner
Speaker
Headphones
Bluetooth
USB Card
FireWire Card
Webcam
dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan saya mengenai artikel “Komponen-Komponen Pada Komputer dan Fungsinya” semoga bermanfaat.

http://mrijal04.blogspot.co.id/2014/09/komponen-komponen-komputer-beserta.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s