6. Manusia Dan Penderittaan .

  • Menjelaskan Pengertian Penderitaan beserta contohnya :

Penderitaan adalah bahasa yang sering kita dengar. Penderitaan berasal  dari kata derita.Kata derita berasal dari bahasa Sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. penderitaan bisa bersifat lahir dan bersifat batin. Setiap manusia memiliki penderitaan yang berbeda –beda. Manusia dikatakan menderita apa bila dia memiliki masalah, depresi karena tekanan hidup, dan lain lain. Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan manusia bertingkat-tingkat, ada yang berat dan ada juga yang ringan. Akibat penderitaan yang bermacam-macam. Ada yang mendapat hikmah besar dari suatu penderitaan, ada pula yang menyebabkan kegelapan dalam hidupnya. Oleh karena itu, penderitaan belum tentu tidak bermanfaat.  Penderitaan juga dapat ‘menular’ dari seseorang kepada orang lain, apalagi kalau yang ditulari itu masih sanak saudara. Menurut agama penderitaan itu adalah teguran dari tuhan. Penderitaan ada yang ringan dan berat contoh penderitaan yang ringan adalah ketika seseorang mengalami kegagalan dalam menggapai keinginannya. Sedangkan contoh dari penderitaan berat adalah ketika seorang manusia mengalami kejadian pahit dalam hidupnya hingga ia merasa tertekan jiwanya sampai terkadang Ingin mengakhiri hidupnya.

  • Menjelaskan Pengertian siksaan dan siksaan siklis.

Penderitaan biasanya di sebabkan Karena siksaan. Baik yang bersifat fisik ataupun jiwanya.Siksaan atau penyiksaan digunakan untuk merujuk pada penciptaan rasa sakit untuk menghancurkan kekerasan hati korban. Segala tindakan yang menyebabkan penderitaan, baik secara fisik maupun psikologis, yang dengan sengaja dilakukkan terhadap seseorang dengan tujuan intimidasi, balas dendam, hukuman, pemaksaan informasi, atau mendapatkan pengakuan palsu untuk propaganda atau tujuan politik dapat disebut sebagai penyiksaan. Siksaan Biasanya dapat digunakan sebagai suatu cara interogasi untuk mendapatkan pengakuan. Siksaan juga dapat digunakan sebagai metode pemaksaan atau sebagai alat untuk mengendalikan kelompok yang dianggap sebagai ancaman bagi suatu pemerintah,terdapat 3 siksaan siklis diantaranya : Kebimbangan, Kesepian, Ketakutan.

  • Menjelaskan pengertian Phobia dan penyebab seseorang merasa ketakutan.

Phobia adalah sesuatu yang tidak dinginkan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin yang cukup lama. Terdapat 3 seorang merasa ketakutan :

  • Claustrophobia dan Agoraphobia Ooustrophobia adalah rasa takut terhadap ruangan tertutup. Agoraphobia adalah ketakutan yang disebabkan seseorang berada di tempat terbuka.
  • Takut ular Ini merupakan jenis phobia yang paling sering dijumpai. Ketakutan secara berlebihan pada ular dikaitkan pada kemampuan nenek moyang kita bertahan di alam liar. Ular sejak dulu dianggap hewan berbisa, menjijikkan, dari masa ke masa. Bahkan juga diidentikkan dengan setan oleh keyakinan tertentu. Ternyata phobia akan ular ini bersifat evolusioner, diturunkan oleh nenek moyang manusia sejak zaman dulu sampai sekarag.Takut laba2 : Ditemukan bahwa kaum perempuan empat kali lipat lebih banyak jumlahnya yang takut atau jijik pada laba-laba daripada kaum lelaki. Pada studi yang dipublikasikan di jurnal Evolution and Human Behavior, David Rakison dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh mengatakan bahwa bayi perempuan usia 11 bulan mampu mengekspresikan ketakutan begitu melihat gambar laba0laba dan ular, sedangkan  bayi lelaki tidak. Teori evolusi mengatakan bahwa hal itu wajar, sebab kaum perempuan sering bersua laba-laba di rumah, atau saat mereka menyiapkan makanan di dapur. Sedangkan kaum lelaki cenderung diajarkan untuk berani pada hewan tersebut ketika berada di alam liar
  • Menjelaskan Pengertian Kekalutan Mental Beserta Gejalanya .

Kekalutan mental adalah suatu keadaan dimana jiwa seseorang sedang mengalami kekacauan dan kebingungan dalam dirinya sehingga ia merasa tidak berdaya dan tidak bisa Apa-Apa. Saat mendapat kekalutan mental berarti seseorang tersebut sedang mengalami kejatuhan mental dan tidak tahu apa yang mesti dilakukan oleh orang tersebut. Berikut Inilah Gejala dari Kekalutan Mental :

-Tampak pada jasmani yang sering merasakan pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung

-pada kejiwaannya dengan rasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu, mudah marah.

-Komunikasi sosial putus dan ada yang disorientasi social.

  • Menyebutkan Tahap-Tahap Gangguan Kejiwaan.

Pertama terdapat  tahapan Pada Gangguan kejiwaan nampak dalam gejala-gejala kehidupan si penderita baik jasmani maupun rohaninya, Kekalutan merupakan titik patah (mental breakdown) dan yang bersangkutan mengalami gangguan, Krisis ekonomi yang berkepanjangan telah menyebabkan meningkatnya jumlah  penderita penyakit jiwa, terutama gangguan kecemasan, Dipicu oleh faktor psychoeducational. Faktor ini terjadi karena adanya kesalahan dalam proses pendidikan anak sejak kecil, mekanisme diri dalam memecahkan masalah. Dan terakhir ada Faktor sosial atau lingkungan juga dapat berperan bagi timbulnya gangguan jiwa, misalnya budaya, kepadatan populasi hingga peperangan. Jika lingkungan sosial baik, sehat tidak mendukung untuk mengalami gangguan jiwa maka seorang anak tidak akan terkena gangguan jiwa. Demikian pula sebaliknya. Gangguan jiwa tidak dapat menular, tetapi mempunyai kemungkinan dapat menurun dari orang tuanya. Namun hal ini tidak berlaku secara absolut.

  • Menyebutkan Sebab-sebab Kekalutan Mental .

Yang pertama yang menyebabkan  Kekalutan Mental adalah Kepribadian yang lemah akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempurna (down), Terjadinya konflik sosial-budaya akibat adanya norma yang berbeda antara yang bersangkutan dan yang ada dalam masyarakat, sehingga ia tidak dapat menyesuaikan diri lagi.Yang Ketiga Dengan cara pematangan bathin yang salah dengan memberikan reaksi berlebihan terhadap kehidupan sosial; overacting sebagai overkompensasi dan tampak emosional.

  • Menjelaskan Hubungan Antara Penderitaan Dengan Perjuangan.

Setiap Umat Manusian Pasti pernah Mengalami Penderitaan dan kesenangan Baik secara Mudah atau Berat Penderitaan adalah bagian kehidupan manusia yang bersifat kodrati. Karena itu terserah kepada manusia itu sendiri untuk berusaha mengurangi penderitaan itu semaksimal mungkin, bahkan menghindari atau menghilangkan sama sekali. Manusia adalah makhluk berbudaya, dengan  budayanya itu ia berusaha mengatasi penderitaan yang mengancam atau dialaminya.dalam hal ini membuat manusia itu kreatif, baik bagi penderita sendiri maupun bagi orang lain yang melihat atau mengamati penderitaan.maka dengan itu Kita hidup di dunia ini tidak boleh mengeluh sedikit pun,kenapa karena kalau hidup kita sekarang  menderita maka  harus lah  bangkit bangun berdoa sungguh-sungguh dengan cara meminta bekerja giat ManjaddaWadjadda  maka kalau Kita dari sekarang sudah Berjuang Hidup di massa depan yang akan datang kesuksesan pasti akan datang.

  • Menjelaskan Hub Penderitaan Media Massa Dan Seniman.

Berita Tentang penderitaan manusia silih akan berganti mengisi lembaran koran, layar TV,  pesawat radio DLL, dengan maksud agar semua orang yang menyaksikan ikut merasakan dari jauh Bagaimana penderitaan manusia. Dengan demikian dapat mengunggah hati manusia untuk berbuat atau melakukan sesuatu. Media massa adalah alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa tentang  penderitaan manusia secara cepat kepada masyarakat luas. Dengan demikian masyarakat dapat segera menilai untuk menentukan sikap anatara sesama manusia, terutama bagi mereka yang simpati. Tetapi tidak kalah pentingnya komunikasi yang dilakukan para seniman melalui karya seni, sehingga para pembaca dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari karya tersebut.

  • Menyebutkan SebabTimbul Peenderitaan.

sebab-sebab timbulnya penderitaan, maka penderitaan manusia dapat dibagi menjadi 2 bagian sebagai berikut : Pertama ada Nasip buruk penderitaan ini karenakan perbuatan buruk manusia yang dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan alam sekitarnya. Perbedaan nasip  buruk dan takdir adalah jika takdir di tentukan oleh tuhan sedangkan nasib  buruk penyebabnya Karena ulah manusia itu sendiri. Dan Yang Kedua ada Kemiskinan ,banyak orang yang mederita karena kemiskinan , merasa tidak  pernah cukup dengan apa yang telah ia punya sehingga mengakibatkan seseorang merasa menderita karena tidak bisa memiliki sesuatu yang ia inginkan. Ini di karena kan kurangnya rasa syukur manusia atas apa yang telah di berikan oleh tuhan.

  • Menyebutkan Pengaruh Penderitaan Kepada Seseorang.

Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan dapat pengaruh yang berbedadari dalam dan luar dirinya Diantaranya Menimbulkan sikap positif dan negatif:

-Sikap positif : sikap optimis mengatasi penderitaan hidup bahwa hidup bukan sebuah penderitaan yang panjang untuk dia dan disekitarnya sendiri.

-Sikap negatif : penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, dan rasa ingin bunuh diri.

Daftar Pustaka :

http://ilmubudayadasarardhi.blogspot.com/2012/11/manusia-dan-penderitaan.html

.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s