4. MANUSIA & CINTA KASIH

  • .Pengertian Cinta Kasih.

Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang Sekali (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Kalau kata Kasih, artinya mempunyai perasaan yang sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan.  Jadi Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang lebih  mendalam, sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang Lebih dicintai.

  • CINTA MENURUT AJARAN AGAMA.

Ada salah satu orang berpendapat bahwa etika cinta dapat dipahami dengan mudah tanpa dikaitkan dengan agama, tetapi dalam kenyataan nya hidup manusia masih mendambakan tegaknya cinta dalam kehidupan ini. Disalah satu pihak lain dalam praktek kehidupan cinta sebagai dasar kehidupan jauh dari kenyataan. Jadi Atas dasar ini, agama memberikan ajaran cinta kepada manusia. Dalam kehidupan manusia cinta menempakan diri dalam berbagai bentuk. Kadang-kadang ada seseorang yang mencintai dirinya sendiri, Kadang-kadang mencintai orang lain atau juga istri dan anaknya, hartanya. Atau Allah dan Rasulnya dalam  berbagai bentuk cinta ini bisa kita dapatkan dalam kitab suci al-Qur’an.

  • Kasih Sayang.

Didalam Kasih sayang terdapat 5 macam Cinta :

  1. Cinta Persaudaraan, diwujudkan manusia dalam tingkah atau perbuatannya. Cinta persaudraan tidak mengenal adanya batas – batas manusia berdasarkan SARA.
  2. Cinta Keibuan, Itu Adalah cinta kasih sayang yang bersumber pada cinta seorang ibu terhadap anaknya.
  3. Cinta Erotis, kasih sayang yang bersumber dai cinta erotis (birahi) merupakan sesuatu yang sifatnya khusus sehingga memperdayakan cinta yang sesunguhnya. Namun, bila orang yang melakukan hubungan erotis tanpa disadari rasa cinta, di dalamnya sama sekali tidak mungkin timbul rasa kasih sayang.
  4. Cinta Diri Sendiri, yaitu bersumber dai diri sendiri. CInta diri sendiri bernilai positif jika mengandung makna bahwa seseorang dapat mengurus dirinya dalam kebutuhan jasmani dan rohani.
  5. Cinta Terhadap Allah.( Pencipta ).

KEMESRAAN . Kemesraan Itu berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.  Dalam Hal nya Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu : Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat. Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa sudah agak lama biasanya semakin berkurang. Kemesraan Manusia Usia Lanjut, Kemsraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. Pada masa ini diwujudkan dengan jalan – jalan dan sebagainya. Itulah pengertian Kemesraan dan pada dasarnya kemesraan itu bisa juga dibedakan berdasarkan Umur. PEMUJAAN . Pemujaan berasal dari kata puja yang berarti penghormatan atau tempat nya memuja kepada dewa – dewa atau berhala. Lama kelamaan Berkembanglah kemudian pujaan ditujukan kepada orang yang dicintai, pahlawan dan Tuhan YME. Pemujaan kepada Tuhan adalah perwujudan cinta manusia kepada Tuhan, karena merupakan inti , nilai dan makna dari kehidupan yang sebenarnya. Cara Pemujaan dalam kehidupan manusia terdapat berbagai perbedaan sesuai dengan ajaran agama, kepercayaan, kondisi dan situasi. Tempat pemujaan merupakan tempat komunikasi Atau Dialog manusia dengan Tuhan. Berbagai seni sebagai manifestasi pemujaan merupakan suatu tambahan tersendiri dalam terciptanya kehidupan yang lebih indah.

  • Belas Kasihan.

Belas kasih adalah kebajikan Yang Timbul di mana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar ke tertinggi prinsi-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian . Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang Mempunyai sifat berahlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia mengggugah potensi belas kasihannya itu. Bila orang itu tergugah hatinya maka berarti orang berbudi dan terpujilah oleh Allah SWT.

  • Cinta Kasih Erotis.

Cinta Kasih Erotis Ini  merupakan sesuatu yang sifatnya khusus sehingga memperdayakan rasa cinta yang sesunguhnya. Namun, bila orang yang melakukan hubungan erotis tanpa disadari rasa cinta, di dalamnya sama sekali tidak mungkin timbul rasa kasih sayang

. —-> Daftar Pustaka :  Dodyfauzi.blogspot.com/2011/03/pengertian-cinta-kasih.html

https://yanuirdianto.wordpress.com/2013/03/28/cinta-menurut-ajaran-agama/

sarahabibah.blogspot.com/2012/04/pengertian-belas-kasihan.html

—–> Soal PG :  

1.) suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk.Merupakan penngertian dari ?

A. Rindu

B.Kasih Sayang.

C.Cinta.*

D.Perhatian.

2. ) Didalam cinta Kasih terdapat Jenis jenis dan bentuk,Manakah yang bukan termasuk jenis dan bentuk cinta Kasih ?

A. Cinta kasih Keluarga.

B. Cinta kasih pria dan wanita.

C.Cinta kasih persaudaraan atau Philia.

D. Cinta Kasih Kepada sesama Teman.*

3.) sebuah cara kita untuk menghormati sesuatu yang menurut kita adalah sebuah kebenaran. Merupakan Pengertian Dari ?

A. Pemujaan.*

B. Kepercayaan.

C. Simbolis.

D. Keyakinan.

4.) Terdapat dalam surat Apakah “maka manusia menaruh belas kasihan kepada orang lain, karena belas kasihan adalah perbuatan orang yang berbudi.” ?

A. Al – Adiyat.

B. Al – an’am.

C. Al – Qalam.*

D. Al – Baqarah.

5.)  Pengertian dari Cinta Kasih Erotis Adalah ?

A. Cinta dimana seseorang sangat peduli terhadap lingkungan sekitar.

B. kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang lainnya.*

C. Kepedulian terhadap sesama manusia.

D. Kepedulian yang Sangat Besar Terhadap Lingkungan sekitar kita.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s