2. Manusia & Kebudayaan .

Pengertian Manusia 

Secara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok (genus) atau seorang individu. jadi pengertian manusia adalah mahluk sebaik-baiknya yang luar biasa dan kompleks. Kita merupakan paduan antara mahluk material dan mahluk spiritual. Dinamika manusia tidak tinggal diam karena manusia sebagai dinamika selalu mengaktivisasikan dirinya.

Pengertian Hakikat Manusia 

pengertian hakikat manusia sebenarnya cukup banyak jika kita telusuri lebih dalam,cuma supaya mudah dimengertinya kita cukup mengambil inti/garis besar nya saja diantaranya yaitu :

  1. Makhluk yang dalam proses nya menjadi berkembang dan terus berkembang sehingga tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
  2. Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan bisa berbuat baik dan berbuat jahat.
  3. Makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.

 –Kepribadian Bangsa Timur.

Manusia – manusia dimuka bumi ini mendiami wilayah yang berbeda beda, ada yang mendiami wilayah timur, wilayah barat dan wilayah timur tengah.Hal ini membuat kebiasaan, adat istiadat, kebudayaan dan kepribadian setiap manusia suatu wilayah berbeda dengan yang lainnya. Negara Indonesia termasuk ke dalam bangsa Timur, yang dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian baik & berakhlak.Bangsa Timur ini dikenal dunia sebagai bangsa yang sangat ramah dan bersahabat.Orang-orang dari wilayah lain sangat suka  sekali dengan kepribadian bangsa Timur, mengapa? Karena mereka senang dengan kepribadian bangsa Timur yang tidak individualis, saling tolong menolong & bergotong royong. Kepribadian bangsa timur dapat diartikan sebagai suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat toleransi yang tinggi. Kepribadian bangsa timur, kita tinggal di Indonesia termasuk ke dalam bangsa timur, dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian baik. Di dunia bangsa timur dikenal sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat.Bangsa timur identik dengan benua asia,dan mempunyai ciri khas sendiri penduduknya sebagian besar berambut hitam, berkulit sawo matang dan adapula yang berkulit putih, bermata sipit.Sebagian besar cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup mungkin karena orang timur kebanyakan memeluk agama islam dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku.Pada umumnya kepribadian bangsa timur yang paling menonjol adalah sangat terbuka dan toleran terhadap bangsa lain, tetapi selama masih sesuai dengan norma, etika serta adat istiadat yang ada. Namun walaupun kita sudah tahu banyak tentang kepribadian bangsa Timur kita tidak bisa selalu beranggapan bahwa kebudayaan bangsa Timur lebih baik dari bangsa Barat. Karena semua hal pasti ada sisi positif dan negatifnya. Tidak ada di dunia ini yang sepenuhnya baik.

Pengertian Kebudayaan.

Kata kebudayaan berasal dari kata budh dalam bahasa Sansekerta yang berarti akal, kemudian menjadi kata budhi (tunggal) atau budhaya (majemuk), Jadi kebudayaan itu dapat diartikan sebagai  hasil pemikiran atau akal manusia.Ada beberapa pendapat orang lain yang mengatakan bahwa kebudayaan berasal dari kata budi dan daya.Budi adalah akal yang merupakan unsure rohani dalam kebudayaan, sedangkan daya berarti perbuatan atau ikhtiar sebagai unsure jasmani sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil dari akal dan ikhtiar manusia.Namun dalam IBD  dapat dibedakan antara budaya dan kebudayaan, karena IBD berbicara tentang dunia idea tau nilai, bukan hasil fisiknya. Secara sederhana pengertian kebudayaan dan budaya dalam IBD mengacu pada pengertian sebagai berikut : Kebudayaan dalam arti luas, adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.Kebudayaan dalam arti sempit dapat disebut dengan istilah budaya atau sering disebut kultur yang mengandung pengertian keseluruhan sistem gagasan dan tindakan.

Unsur-Unsur Kebudayaan. 

Di dalam kamus besar bahasa indonesia unsur kebudayaan yaitu bagian dari suatu kebudayaan yang dapat digunakan sebagai satuan analisis tertentu.Dengan adanya unsur kebudayaan ini lebih mengandung makna totalitas daripada sekedar penjumlahan unsur-unsur yang terdapat di dalamnya.Menurut Kluckhohn terdapat tujuh unsure dalam kebudayaan universal,diantanya : system religi dan upacara keagamaan, system organisasi kemasyarakatan, system pengetahuan, system mata pencaharian hidup, system tekhnologi dan peralatan, bahasa, serta kesenian. Untuk lebih jelas memahaminya, masing-masing diberi uraian sebagai berikut:

1. Sistem religi dan upacara keagamaan, merupakan produk manusia sebagai homo religious. Manusia yang memiliki kecerdasan pikiran dan perasaan luhur.

2. Sistem organisasi  kemasyarakatan, merupakan produk dari manusia sebagai homo socius. Manusia sadar bahwa tubuhnya lemah,nah disini sudah jelas bahwa manusia tidak akan bisa hidup sendiri tanpa adanya sistem organisasi kemasyarakatan.maka dengan itu diperlu kanlah sistem kebersamaan dalam masyarakat.

3. Sistem pengetahuan, merupakan produk dari manusia sebagai homo sapiens. Pengetahuan dapat diperoleh dari pemikiran sendiri.

4. Sistem mata pencaharian hidup, yang merupakan produk dari manusia sebagai homo economicus menjadikan tingkat kehidupan manusia secara umum terus meningkat.maka dengan itu sangat diperlukanlah sistem mata pencaharian hidup ini.

5.  Sistem teknologi dan peralatan, merupakan produksi dari manusia sebagai homo faber.

6.  Bahasa, merupakan produk dari manusia sebagai homo longuens. Bahasa manusia pada mulanya diwujudkan dalam bentuk tanda (kode),jika tidak adanya bahasa maka tidak akan bisa berjalan dengan baik unsur ini.

7. Kesenian, merupakan hasil dari manusia sebagai homo esteticus.

Wujud Kebudayaan .

Setelah unsur-unsur kebudayaan,kemudian masalah lain yang juga penting dalam kebudayaan adalah wujudnya.terdapat dua wujud kebudayaan yang Pertama adalah, kebudayaan bendaniah (material) yang memiliki cirri dapat dilihat, diraba, dan dirasa. Sehingga lebih konkret atau mudah dipahami. dan yang Kedua, kebudayaan rohaniah (spiritual) yang memiliki ciri dapat dirasa saja.Oleh karena itu, kebudayaan rohaniah bersifat lebih abstrak dan lebih sulit untuk dipahami.ada tiga wujud kebudayaan,menurut Koentjaraningrat dalam karyanya kebudayaan. Mentaliter yaitu : pertama Sebagai suatu kompeks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan,Sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat,dan terakhir Sebagai benda-benda hasil karya manusia.

Orientasi Nilai Budaya.

Nilai budaya merupakan  sebuah  konsep  beruanglingkup  luas  yang  hidup  dalam  alam  fikiran sebahagian besar warga suatu masyarakat, mengenai apa yang paling berharga dalam hidup. Rangkaian konsep itu satu sama lain saling berkaitan dan merupakan sebuah sistem nilai – nilai budaya.Secara  fungsional sistem nilai ini mendorong individu untuk berperilaku seperti apa yang ditentukan.Oleh karena itu,merubah sistem nilai manusia tidaklah mudah,dibutuhkan waktu.Ada lima masalah pokok kehidupan manusia dalam setiap kebudayaan yang dapat ditemukan secara universal. Menurut Kluckhohn dalam Pelly (1994) kelima masalah pokok tersebut adalah: (1) masalah hakekat hidup, (2) hakekat kerja atau karya manusia, (3) hakekat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu, (4) hakekat hubungan manusia dengan alam sekitar, dan (5) hakekat dari hubungan manusia dengan manusia sesamanya. Intinya dari permasalahan disini seperti yang dikemukakan oleh Manan dalam Pelly (1994) adalah siapa yang harus mengambil keputusan. Sebaiknya dalam system hubungan vertical keputusan dibuat oleh atasan (senior) untuk semua orang.Tetapi dalam  masyarakat yang mementingkan kemandirian individual,maka keputusan dibuat dan diarahkan kepada masing– masing individu.

Perubahan Kebudayaan.

perubahan kebudayaan adalah suatu keadaan dalam masyarakat yang terjadi karena ketidak cocokan diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga terjadilah keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan.Contoh :
Masuknya mekanisme pertanian mengakibatkan hilangnya beberapa jenis teknik pertanian tradisional seperti teknik menumbuk padi dilesung diganti oleh teknik “Huller” di pabrik penggilingan padi. Peranan buruh tani sebagai penumbuk padi jadi kehilangan pekerjaan.

Kaitan Manusia & Kebudayaan.

Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang sangat erat berkaitan satu sama lain. Manusia di alam dunia inimemegang peranan yang unik, dan dapat dipandang dari berbagai segi. Dalam ilmu sosial manusia merupakan makhluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan sering disebut homo economicus (ilmu ekonomi). Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri (sosialofi), Makhluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan (politik), makhluk yan g berbudaya dan lain sebagainya.Inilah yang dimaksud dengan kaitan Manusia & kebudayaan.

—> Daftar Pustaka : 

>https://metakalasari.wordpress.com/2010/06/09/pengertian-hakikat-mannusia-2/

>https://kamelia.11.wordpress.com/tag/pengertia-manusia-menurut-para-ahli/

>https://hakkajiten.wordpress.com/index/ilmu-budaya-dasar/kepribadian-bangsa-timur/

>jimmyprianto.blogspot.com/2014/01/pengertian-kebudayaan.html

>https://wirasaputra.wordpress.com/2011/10/13/nilai-budaya-sistem-nilai-dan-orientasi-nilai-budaya/

SOAL PG :

1.) mahluk sebaik-baiknya yang luar biasa dan kompleks atau yang paling sempurna di muka bumi ini,merupakan pengertian ?

A.Pengertian Manusia.*

B.Pengertan Masyarakat

C.pengertian Sosial

D.pengertian Budaya

2.) Berikut ini yang tidak termasuk unsur dalam kebudayaan Universal Adalah ?

A. system & upacara keagamaan.

B. system organisasi kemasyarakatan.

C. system kesastraan.*

D. system pengetahuan.

3.) Dalam Suatu Kompleks terdiri dari ide-ide,gagasan,nilai-nilai,norma-norma,peraturan,dan sebagainya contoh bacaan yang diatas termasuk kedalam kelompok ?

A.  Wujud Kebudayaan.*

B. Unsur Kebudayaan.

C. Fungsi Kebudayaan.

D. Pengertian Kebudayaan.

4.) Kluckhohn dalam Pelly……….. mengemukakan   bahwa   nilai   budaya merupakan  sebuah  konsep  beruanglingkup  luas  yang  hidup  dalam  alam  fikiran. pada tahun berapakah kluckhohn pelly mengemukakan ?

A.1925.

B.1937.

C.1994.*

D.1995.

5.) Terdapat lima masalah pokok kehidupan manusia dalam setiap kebudayaan yang dapat ditemukan secara universal.berikut ini benar,KECUALI ?

A. masalah hakekat hidup.

B. masalah hakekat kerja.

C. masalah hakekat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu.

D. masalah hakekat manusia dengan  Keagamaan.*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s